Kemajuan Teknologi untuk Kemajuan Bangsa

April 2, 2010 at 2:23 am (tugas) (, , , , , , , , )

Kemajuan teknologi sudah sepantasnya disikapi dengan pengendalian moral dan etika yang baik, mengingat saat ini kemajuan teknologi banyak disalahgunakan oleh sebagian orang. Kontrol terhadap penggunaan teknologi memang tidak dapat dikendalikan secara terpusat (sangat sulit) akan tetapi harus dikendalikan oleh diri sendiri dengan cara mengendalikan diri dari pemakaian teknologi untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Jika dibandingkan dengan negara lain yang sudah maju, Indonesia memang masih tertinggal dalam hal teknologi. Sebagian besar masyarakat menilai, Indonesia belum mampu menghasilkan produk-produk elektronik yang berkualitas tinggi sehingga masyarakat cenderung lebih senang mengkonsumsi produk-produk luar negeri. Sebagian orang mungkin justru merasa bangga memakai produk luar negeri dari pada produk sendiri. Hal ini mengakibatkan, seakan-akan Indonesia sebagai negara berkembang tergantung dengan negara maju.

Kalau dilihat dari Sumber Daya Alam, Indonesia mempunya potensi alam yang sangat melimpah. Namun sayangnya dengan dalih SDM yang belum mampu, hasil-hasil alam tersebut tidak diolah di negeri sendiri akan tetapi diekspor ke negara lain untuk diproses menjadi barang jadi. Pada akhirnya produk-produk yang sudah jadi dan dikemas secara menarik akan dikirim lagi ke Indonesia untuk dikonsumsi.

Sebenarnya SDM Indonesia pun mampu mengatasi persoalan ini, asalkan ada kemauan dan semangat serta kerja sama yang bagus dari pemerintah maupun masyarakat. Indonesia mempunyai banyak lulusan mahasiswa setiap tahunnya. Hal tersebut merupakan SDM yang sangat potensial untuk membangun Indonesia yang lebih maju terutama dalam bidang teknologi.

Negara yang perkembangan teknologinya pesat, sebanding dan sama artinya pula bahwa negara itu telah maju. Indonesia harus mampu mengembangkan teknologi yang telah ada atau menciptakan teknologi baru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kemandirian bangsa. Berbagai pihak seharusnya ikut terlibat dalam usaha membangun bangsa yang mandiri. Mahasiswa dalam hal ini mempunyai peran yang cukup besar dalam hal riset teknologi dan pengembangannya. Pemerintah juga harus mau mengalokasikan bantuan anggaran dana untuk mendukung penelitian-penelitian dibidang teknologi mengingat umumnya riset teknologi membutuhkan anggaran dana yang lumayan besar.

Dengan semakin majunya teknologi di Indonesia, diharapkan negeri ini mampu menjadi bangsa yang mandiri terutama dari segi ekonomi dan teknologi industri sehingga Indonesia bukan lagi bangsa konsumer yang hanya mengekspor produk-produk dari luar negeri. Indonesia juga mampu memproduksi barang-barang yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global. Indonesia juga bukanlah negara penampung produk ‘sampah’ dari luar negeri yang sudah tidak dipakai.

Download lebih lengkap lagi di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: