Cartridge yang ‘mampet’

September 8, 2011 at 6:33 am (komputer, tips dan trik) (, , )

Hari itu hari ketiga dimana aku harus sendirian ngurusin tugas2 di lab. Dan sebuah masalah muncul… printer pixma IP1700 nggak mau dipake buat ngprint. Lampu indikator nyala terus, 5x orange 1x hijau. Ada apakah gerangan? Saat itu juga otakku mulai berpikir, kenapa dan bagaimana solusinya?

Langsung deh nyoba reset hardware printer.
1. matikan printer, lepas kabel power dan usb
2. tekan dan tahan tombol power printer sambil nyolokin kabel power
3. tekan tombol resume 2x, lalu lepas tombol power dan resum
lampu akan berkedip2 sesaat dan tunggu sampai lampu hijau menyala stabil.
4. colokin lagi kabel usb printer maka komputer akan mendeteksi adanya hardware printer yang baru saja terpasang.
Aku kira permasalahan udah selesai, tapi ternyata printer masih tidak bisa dipake buat ngeprint.

Mulai berpikir lagi… berusaha untuk bersabar dan pantang menyerah…

Aku menduga tinta PG-40 hitam habis, tapi yang punya printer bilang baru beberapa hari sebelum libur lebaran diisi. Jadi kayaknya bukan masalah tinta yang habis. Muncul lagi dugaan tinta warna rusak jadi aku coba lepas tinta warnanya CL-41, tapi tetep aja nggak bisa dipake buat ngeprint.
Setelah sekian lama aku amati, muncul dugaan kalau tinta hitam mampet.  Karena aku melihat sepertinya bagian bawah cartridgenya terlalu kering. Akhirnya aku beranikan diri untuk membuka cartridge. Penutup cartridge aku buka menggunakan pisau, dannn nampaklah daleman cartridge. Isinya cuma gabus (spon)…

Lalu aku suntikkan tinta secara perlahan, ya kira2 pas aja tidak terlalu penuh. Meskipun endingnya tampilan cartridge jadi kurang menarik karena mesti harus diperban (pake lakban/solatip) tapi cara ini lebih sip menurut sya.

Dan alhamdulillah masalah teratasi, alhamdulillah Ya Alloh… nggak nyangka juga aku bisa hehe…

1 Komentar

  1. joe said,

    saya mau nyoba2 buka tuh cartridge,,, namun masih mikir2 dulu, soalnya takut malah jadi fatal urusannya, ada yang bilang kalo itu bahaya,,, tapi setelah baca-baca disini lumayan yakin juga sedikitmah kalo dalmannya sama,,, dan tidak menutup kemungkinan juga kalo aku bisa berhasil.. thanks infonya,,, mau dicobain dulu ah…..

Tinggalkan Balasan

